Cara Menelusuri (Track) Pengunjung Blog Anda

Sebagai blogger baru (webmaster), pasti anda selalu tertarik untuk mengetahui berapa banyak orang yang sudah berkunjung (membuka) blog atau situs anda, darimana mereka berasal, darimana mereka tahu tentang blog atau situs anda, berapa banyak yang datang dari Search Engine (google, yahoo, dll) dan apa yang mereka ketik (kata kunci) di search engine koq sampai bisa ke situs anda.

Statistik berikut sangat sederhana untuk menganalisa blog anda dan tentunya GRATIS smile

Jika anda mencari (search) di google, anda akan menemukan ratusan situs yang akan menelusuri (track) pengunjung blog/situs anda. Tapi, terkadang beberapa situs akan menyediakan lebih banyak informasi tentang pengunjung blog anda daripada yang lain. Jadi, bagaimana melakukannya?
Berikut adalah source tracking terbaik dilihat dari layanan yang mereka sediakan.

Nb:
Satu hal yang umum untuk semua situs tracking, pertama anda perlu mendaftar (register), dan menyediakan informasi seperlunya tentang blog/situs anda. Selanjutnya mereka akan memberikan kode HTML dan anda harus memasang di blog/situs anda.

Bagaimana cara melakukannya di Blogger?
1. Sign in ke blogger dashboard.
2. Click pada "layout"
3. Click "add page element"
4. Pilih "html/javascript" dan copy-paste code yang mereka berikan, setelah itu Save.


Selanjutnya, blog/situs anda akan ditelusuri (tracked) dan anda bisa melihat (check) statistik blog/situs anda sewaktu-waktu.

Berikut beberapa situs tracking yang bagus:



Sitemeter.com: salah satu yang yang paling populer dalam hal tracking. Sangat mudah seperti halnya berhitung 123. Hanya buat account (daftar), copy code nya dan paste di blog anda. Anda juga diberi pilihan untuk menjaga privasi statistik dari blog anda. Mereka akan memberikan data berapa banyak yang melihat (pageview/hits) blog anda per harinya, unique visitor, lokasi, berapa yang online saat itu, dan masih banyak lagi...dengan tampilan yang sederhana (tidak banyak animasi), jadi tidak terlalu berpengaruh pada kecepatan loading blog anda. Statistik diupdate setiap jam.
Kalo mau daftar silakan click disini.


histats.com

Histats.com:tidak seperti Sitemeter.com yang sangat sederhana tampilannya, situs ini menyediakan design counters yang sangat bagus dan ada animasinya.

animated countersanimated countersanimated countersanimated counters

Tracking diupdate setiap 5 menit. Dan seperti Sitemeter, disini juga menyediakan pilihan untuk menjaga privasi statistik blog anda. Mereka juga menyediakan grafis animasi tentang pengunjung blog anda.
Anda bisa daftar disini.


statcounter
Statcounter.com: sama juga seperti 2 situs diatas, seperti namanya juga "stats counter". Gratis, cepat, dan loadingnya juga cepat. Track yang tak terlihat juga disediakan dan tanpa iklan di blog/situs anda. Semua statistiknya adalah "real time" dan sangat cepat, jadi anda bisa langsung melihat hasil saat itu juga. Tidak banyak animasinya seperti hitstats.com. Mereka akan menyediakan pageviews, unique visitors, aktivitas pengunjung, search engine wars, keywords analysis, dan masih banyak lagi.
Untuk daftar click disini.

Sumber: http://www.bloggertricks.com


Artikel Terkait :



1 komentar:

  1. cloud says

    Thanks infonya...


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Views