Facebook Terkena Phising?

Situs jejaring sosial Facebook terserang phising. Kabar yang dirilis pada Kamis (30/4), Facebook telah berhasil mengendalikan serangan phising tersebut. Ketika phising menyerang Facebook, terdapat worm yang akan mengarahkan pengguna menuju ke halaman Facebook palsu dan mengharuskan pengguna melakukan login ke dalamnya.

Pengguna yang disusupi oleh worm tersebut akan mendapat pesan dari teman dan mendorong pengguna untuk meng-klik link "Check this out", termasuk link ke halaman web yang ditampilkan pada halaman login Facebook. Di sini masalahnya, karena halaman tersebut palsu maka saat pengguna memasukkan username dan password, secara otomatis akan tercuri.

Facebook mengalami dua kali penyerangan, serangan phising yang pertama terjadi pada Rabu (29/4), dengan alamat Facebook bernama BAction.net, sedangkan pada penyerangan selanjutnya, alamat Facebook palsu tersebut bernama FBStarter.com. "Penyerangan tersebut dapat dihentikan hanya beberapa jam pada masing-masing hari penyerangan," kata Barry Schnitt (juru bicara Facebook). "Masih terlalu awal untuk menentukan, apakah kedua serangan tersebut memiliki hubungan, kami saat ini sedang melakukan investigasi," tambah Barry.

Tak hanya sampai di situ, Scnitt juga mengatakan bahwa Facebook telah bekerja sama dengan partner MarkMonitor (yang menemukan phising URL pada banyak browser), lalu memblokir dan menghubungi bagian ISP untuk mematikan alamat website palsu tersebut. Schnitt juga menghimbau, pengguna sebaiknya memastikan kalau mereka melakukan login pada alamat www.facebook.com, apabila selain domain tersebut maka kesimpulannya adalah palsu atau spam. Logikanya, pengguna yang sudah login ke dalam Facebook tidak mungkin akan dimintai login ulang. Maka dari itu Schnitt menyarankan, bagi pengguna yang sudah terkena spam ini sebaiknya segera mengganti password Facebook mereka. (Indah PM)

Sumber: http://www.infokomputer.com

Bagikan artikel ini:
Bagikan artikel ini FacebookFacebook


Artikel Terkait :



0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Views