Blog

Apakah itu blog? Blog adalah online diary, dimana kita menulis kejadian sehari2 yang ingin kita abadikan dalam bentuk kata-kata (termasuk puisi, essay, artikel, dll), photo ataupun audio files. Bagi para netter atau pengguna internet, blog memiliki sentuhan tersendiri. Selain untuk memperlihatkan sentuhan-sentuhan pribadi yang unik (pilihan warna, setting, frame, theme, gaya penulisan), blog mempunyai beberapa keunggulan yang sangat terasa. Pemilik blog, atau yang lebih biasa dikenal sebagai ‘blogger’ tidak perlu membawa-bawa buku diary atau pena, juga alat tulis/gambar lainnya. Ini sangat efesien bila blogger tersebut menyukai travelling. Atau juga di saat dia berada di luar, dia bisa dengan mudah mengakses blognya dengan mencari warung internet (internet cafe) atau dengan kemajuan teknologi yang makin canggih, banyak dari mereka mengakses/meng-update blog mereka menggunakan telepon selular yang memiliki fasilitas GPS.

Setiap blog akan memiliki keunikan yang berbeda antara satu yang lain. Ini semua dikarenakan perbedaan selera, hobi ataupun kebiasaan dari tiap blogger. Perbedaan yang mencolok adalah dari bentuk font, warna font, warna background, templates, atau bahkan penggunaan kata-kata dan gaya penulisan mereka. Blog menunjukkan kepribadian dari tiap blogger, sentuhan tersendiri yang banyak kali kita anggap unik.


Proses membuat blog

Untuk bagi para pemula, bisa mempelajari langkah-langkah pembuatan blog sederhana. Begitu banyak website di internet yang menawarkan jasa hosting blog gratis. Beberapa website blog yang terkenal ada Blogger.com (http://www.blogspot.com), Live Journal (http://www.livejournal.com), eBloggy (http://www.ebloggy.com), dan beberapa blog site lainnya. Rata-rata mereka mempunyai tools dan interface yang mudah sehingga bagi para blogger pemula bisa memahami pembuatan blog.

Seperti yang menjadi semboyan Blogger.com (http://www.blogger.com), Publish your thought, Get feedback, Find people. Saran yang akan diajukan disini tidak berbeda, Tulis, Terbitkan, Kembangkan. Untuk permulaan, cari free blog hosting yang sesuai selera. Buat satu account; pilih nama blog anda, seperti contohnya: http://akuiseng.blogspot.com; pilih template (setting dasar): warna dasar background, jenis font, frames, dll; pilih judul blog Anda, dan kemudian bisa mulai menulis.


HTML dan Java Script

Blog, terutama di bagian template, menggunakan bahasa html dan java script. Bagi yang sudah akrab dan mahir dengan dua hal ini bisa mendesain blog mereka sesuai selera, seperti menyelipkan animasi kecil, background music, mouse cursor yang unik, dll. Bagi mereka yang tidak terbiasa atau belum pernah mempelajari html dan java script, ada beberapa free tutorial websites dimana Anda bisa mencoba memahami html dan java script seperti: Lissa Explains (http://www.lissaexplains.com), Java Script, Sites To See (http://www.mcli.dist.maricopa.edu/show/interact/js_s.html), atau site pribadi seperti The Ice Tavern (http://www.yuki-onna.co.uk), atau juga website terkenal seperti JavaScript.com (http://www.javascript.com)


Hal yang perlu diperhatikan

Font type, font size dan warna

Dalam membuat blog, kita hendaknya memperhatikan penggunaan font, warna font, warna background, animasi, dll. Usahakan menggunakan warna background yang netral (warna putih contohnya) atau warna-warna yang ‘adem’ di mata (hitam contohnya). Begitu pula dengan warna font, hindari penggunaan warna-warna mencolok seperti merah, hijau muda atau ungu. Perlu diingat bahwa tidak hanya kita yang membaca blog kita, tapi orang lain akan membacanya, maka untuk mendapatkan ‘penggemar’ atau respon positif, kita harus hati-hati dalam menyelaraskan warna di blog kita.

Hal selanjutnya yang juga sangat sensitif adalah ukuran dan jenis font. Jenis font ‘normal’ adalah 12 hingga 14, 16 dipergunakan untuk membuat heading atau sub-heading. Penggunaan font size yang besar bisa dianggap agresif oleh para pembaca blog Anda, selain itu font size sangat mempengaruhi kenyamanan seorang pembaca.

Animasi

Minimalkan penggunaan animasi. Animasi yang berlebihan, hanya akan membuat blog kita terlihat ‘kampungan’. Bahkan di sebagian besar kasus yang ada, animasi yang bersize besar, hanya akan merepotkan pembaca atau netter. Bukan tidak mungkin, animasi malah hanya akan membuat blog Anda ‘sepi’ pengunjung. Penggunaan animasi yang berlebihan juga dapat membuat pembacanya merasa risih atau mengganggu saat mereka sedang membaca.

Background music/sound

Penggunaan background music juga bukan suatu hal yang mutlak. Beberapa blog yang bagus bahkan mempunyai desain sederhana seperti KambingJantan.com (http://www.kambingjantan.com), blog milik anak bangsa yang terkenal di kalangan netter Indonesia, tidak menggunakan background music. Perlu diingat, dengan memasang background music di blog Anda, berarti setiap netter yang membaca blog Anda perlu beberapa waktu untuk men-download audio files tersebut sebelum mereka dapat mendengarkannya. Jadi jika Anda memang ingin benar-benar mempunyai background music, usahakan yang bersize kecil. Kebanyakan pilihan dari blogger jatuh kepada audio files berekstensi *.mid; *.wav. Midi files banyak tersedia di internet secara gratis seperti di website: Standard MIDI Files ( http://www.manythings.org/midi), MIDI Files Free ( http://www.mididb.com), atau MIDI.com. ( http://www.midi.com) Dalam memilih ‘genre’ midi files atau audio files, Anda harus juga berhati-hati, dikarenakan selera musik tiap orang/pembaca/netter sangatlah berbeda. Hindari audio files yang bergenre keras seperti lagu rocks atau bahkan heavy metal. Yang sangat cocok tentu saja genre yang lebih ‘soft’. Tapi seperti yang dikatakan di atas, ini bukan keharusan. Daya tarik utama dari pembaca adalah isi dari blog Anda, cerita apa yang Anda ketiklah yang membuat mereka membaca blog Anda.

Susunan kalimat dan sopan santun

Pilihan kata-kata pun merupakan salah satu poin vital. Usahakan menggunakan kata-kata atau menyusun kalimat secara lugas, jelas dan sederhana. Sisipkan juga humor untuk membuat pembaca merasa betah dan ringan dalam membaca blog Anda. Blog yang terlalu serius terkadang malah membuat bosan si pembaca.

Sopan santun juga harus selalu diingat. Kata-kata atau kalimat yang merujuk kepada rasialisme harus dihindari setiap saat. Dikarenakan kita tidak bisa membatasi siapa saja yang bakal mengunjungi blog kita. Andaikan ingin menggunakan kata-kata umpatan, harus diselaraskan dan diatur sehingga makna dari kalimat tersebut secara keseluruhan tidaklah ditanggapi dengan serius dari para pembaca.

Jangan takut untuk bereksperimen. Begitu banyak blog di internet yang bisa ada lihat dan ambil sebagai contoh. Kembangkan daya kreasi Anda dan buatlah blog Anda menjadi suatu yang unik dan spesial. Kreatifitas dan keunikan dari suatu blog (termasuk gaya bercerita, gaya penulisan maupun isi dari tiap posting) yang akan menentukan apakah blog Anda ramai atau sepi pengunjung.


Selamat mencoba!


sumber: http://forum.wgaul.com


Artikel Terkait :



0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Views