Apa Itu Backlink

Bahasa sederhananya, backlink atau tautan balik adalah link atau tautan yang didapat oleh situs kita dari situs lain. Misalnya, situs A memberikan link (tukar link) ke situs B, ini berarti situs B baru saja mendapat backlink dari situs A. Berarti pula, situs B saat ini memiliki 1 buah backlink. Tidak susah kan konsepnya?

Natural Backlink

Kondisi Natural Backlink atau backlink alami terpenuhi apabila backlink disisipkan dalam konten atau artikel dan dalam bentuk kalimat sehingga terkesan natural. Kebanyakan pemula mengira bahwa untuk mendapat backlink cukup dengan menyertakan link ke situs yang bersangkutan di bagian sidebar, padahal ini tidak tepat dan kurang optimal hasilnya. Selain itu, rawan dianggap sebagai paid link.

Text vs Banner

Satu lagi yang perlu diperhatikan, yang dihitung sebagai backlink oleh mesin pencari adalah link yang berupa teks (atau text link), bukan link yang ada dalam bentuk banner (banner link).

PageRank vs SERP

Apa sebenarnya tujuan dari mengumpulkan backlink? Menaikkan PageRank? atau mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari? Kedua jawaban tersebut memang benar, namun pada prakteknya ada sedikit perbedaan implementasi.

Untuk menaikkan PageRank, backlink yang kita miliki harus :

Berasal dari situs dengan topik sejenis

Berasal dari situs yang PageRank-nya lebih tinggi. Namun tidak ada salahnya mengumpulkan backlink dari situs ber-PR berapapun karena tetap akan diperhitungkan dalam penilaian PageRank.

Sumber Backlink

Pokok bahasan terakhir, darimana saja kita bisa mengumpulkan backlink? atau, bagaimana caranya mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya?
- Submit situs kita ke situs-situs social bookmarking.
Yang perlu diingat, tidak semua situs social bookmark sekarang menghasilkan backlink.

- Berkomentar di yang atribut NoFollow-nya dimatikan.

- Membuat artikel menarik yang dapat memancing backlink.


Sumber: http://www.artnoris.com


Artikel Terkait :



1 komentar:

  1. Erine says

    Oo..baklink itu ya maksudnya...baru tau neh :)


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Views