Database Facebook Dibuka!

Demam Facebook (FB) masih saja terasa. Apakah Facebook akan tetap berjaya setelah sukses menggilas Friendster? Tidak ada yang tahu. Nyatanya kini banyak bermunculan situs jejaring sosial yang mulai mencuat namanya, Twitter salah satunya. Untuk menyiasati agar posisinya sebagai situs jejaring sosial terpopuler saat ini tak bergeser, Facebook pun tetap berupaya meningkatkan layanan bagi para anggotanya.

Dalam hal ini, Facebook akan berusaha untuk menggenjot ketersediaan layanan yang berperan sebagai pusat informasi data. Nah, di sini Facebook akan mengijinkan pihak ketiga (third-party) untuk ikut campur dalam pengembangan database-nya. Para pengembang yang dianggap mampu dan berminat untuk mengembangkan Facebook pun dapat bekerja dengan data dan user pada Facebook. Alhasil, sistem data tersebut dimungkinkan terbuka bagi para pengembang.

Pengembang nantinya akan dapat mengakses semua file penting, termasuk foto dan video yang di-upload oleh pengguna Facebook, demikian diungkap oleh Wall Street Journal. Dengan kata lain para pengembang tersebut akan diberikan ijin dari pengguna untuk mengakses data mereka, pun membangun situs dan menambahkan layanan di dalamnya.

Apabila Facebook serius untuk membuka lebar akses datanya, diindikasikan ini akan menjadi nilai lebih bagi Facebook ketimbang dengan situs jejaring sosial lainnya. Mengingat para pengembang tersebut akan dapat memperbarui update seputar Facebook dan membuat profil yang diperlukan. Saat ini tercatat lebih dari 200 juta orang yang sudah tergabung dalam situs jejaring sosial Facebook. (Indah PM)



Sumber: http://www.infokomputer.com

Bagikan artikel ini:
Bagikan artikel ini FacebookFacebook


Artikel Terkait :



0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Views